Wajib Pajak Harus Lapor SPTPD Sebelum Tanggal 10

Wajib Pajak Harus Lapor SPTPD Sebelum Tanggal 10

Dapat Melalui e-SPTPD

JAMBI - Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRRD) Kota Jambi mengingatkan para wajib pajak untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya. Hal ini berdasarkan Perda Kota Jambi No 05 tahun 2011 tentang Pajak Daerah jo Perda Kota Jambi No 07 tahun 2016 jo Perda No 06 Tahun 2019.

Disampaikan oleh Subhi, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRRD) Kota Jambi bahwa wajib pajak harus menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya. Laporan SPTPD akan dijadikan dasar penetapan pajak terutang (SKPD).

 "Jadi,untuk semua wajib pajak harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan bahwa sebelum tanggal 10 setiap bulannya harus melaporkan SPTPD," ujarnya.

Subhi menyampaikan bahwa untuk mempermudah dalam pelaporan perpajakannya, BPPRD menghimbau wajib pajak untuk menyampaikan SPTDP melalui e-SPTPD, yang diakses melalui website simparedakotajambi.web.id. Hal ini dilakukan agar para wajib pajak lebih mudah untuk melaporkan SPTPD setiap bulannya.

 "Sudah ada aplikasi e-SPTPD yang mempermudah pelaporan setiap bulannya. Wajib pajak tinggal membuka website tersebut dan mengikuti petunjuk yang ada di website tersebut," ujarnya.

Subhi menambahkan jika wajib pajak tidak menyampaikan SPTPD, maka pajak terutang akan dihitung secara jabatan (Official assessment).

Untuk diketahui, aplikasi e-SPTPD adalah aplikasi berbasis web yang dipergunakan oleh Wajib Pajak untuk menyampaikan laporan SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) dari Wajib Pajak kepada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jambi dan merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh Wajib Pajak.

Aplikasi e-SPTPD merupakan aplikasi pendukung dari aplikasi SIMPAREDA dan digunakan Wajib Pajak dalam proses omset penjualan atau pendapatan. Kemudian, pembayaran Pajak Daerah dapat dilakukan melalui teller Bank Jambi, ATM Bank  Jambi, Mobile Banking Bank Jambi dan juga Virtual Account.

Aplikasi e-SPTPD dapat dijalankan selain menggunakan komputer (PC) juga dapat digunakan secara mobile dengan menggunakan handphone/gadget yang telah terhubung dengan fasilitas internet 

SPTPD merupakan surat yang digunakan oleh Wajib Pajak untuk melakukan pelaporan dan perhitungan omset penjualan atau pendapatan. SPTPD atau Surat Pemberitahuan Pajak Daerah merupakan dasar perhitungan dan penetapan pajak daerah yang terutang. SPTPD ini digunakan wajib pajak untuk melakukan pelaporan penghitungan kemudian pembayaran terhadap pajak daerah, Dalam melaporkan SPTPD, Anda dapat menggunakan aplikasi e-SPTPD.

Aplikasi ini berbasis web dan digunakan oleh wajib pajak saat melaporkan SPTPD tersebut ke Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Aplikasi ini pun merupakan aplikasi pendukung SIMPAREDA yang digunakan wajib pajak dalam rangka pelaporan SPTPD yang terintegrasi dengan fasilitas pembayaran online melalui Bank 9 Jambi sebagai Bank yang ditunjuk dengan metode Host to Host (H2H). (*)